Jangan pernah berhenti sebelum berhasil...!!!

Rabu, 18 Januari 2012

CARA MEMBUAT TOMBOL FUNGSI F11 HARDISK BASED RECOVERY PARTITION ACTIVE ON HDD ALL WINDOWS


banyak laptop bermerek seperti IBM/Lenovo, Toshiba,Msi, DELL,dll memiliki tombol fungsi f11, f10, f12 untuk recovery pada sistemnya dimana masing masing memiliki cara tersendiri dalam membuat hardisk recovery partition. sebagian besar menggunakan windows PE , BartPE dan ada juga yang menggunakan software pihak ketiga, mesikipun saat ini ada beberapa software yang menawarkan recovery yang menggunakan tombol fungsi seperti diatas contohnya acronis, paragon,Norton ghost suite,dll

kali ini kita akan membuat hardisk recovery menggunakan kombinasi IBM boot manager dan Norton ghost yang intinya membuat hidden partisi untuk menyimpan ghost image dan dengan tombol fungsi secara otomatis meloading hidden partitsi dan me restore image yang telah dibuat. Langkah langkahnya mungkin terkesan ribet dibandingkan dengan menginstall software pihak ketiga tapi jika akan menerapkannya dalam jumlah banyak misalkan 5 atau 10 komputer hal ini patut dicoba.

Langkah - langkahnya nya sebagai berikut.

1. Siapkan bahan2nya seperti

· Norton Ghost (ghost.exe)

· Partisi magic

· Windows 98 boot

· IBM Boot manager , dan file AUTOEXEC.BAT yang sudah dimodifikasi.

· Semua software di atas bisa dijadikan satu CD dengan membuat windows 98 boot CD.

2. Buat 3 buah partisi pada hardisk dengan partisi magic

· Partisi Pertama dengan file system NTFS untuk windows XP (Primary, Active)

· Partisi kedua dengan filesystem FAT32 untuk recovery (Primary, Active,Hidden)disini kita akan menyimpan ghost image yang kita buat setelah selesai menginstall windows XP dan software lainnya,pastikan space nya cukup untuk menyimpan ghost image kira-kira 5 Gb

· Partisi ketiga ( optional )untuk menyimpan data2.

3. Setelah partisi selesai dibuat, jalankan windows 98 boot , jalankan PQBOOT dan pilih partisi hidden untuk di aktifkan kemudian reboot.

4. Kemudian kita loading kembali win 98 boot dan mencopy semua bahan ke drive C: yang merupakan hidden partition. file yg di copy:

· Windows 98 boot, Ghost.exe

· Buat partisi C: bootable dengan mengetikan perintah sys c: di command prompt win 98 boot

5. Aktifkan kembali partisi 1 NTFS dan install windows Xp dan driver serta software lainnya kemudian buat ghost image dengan ghost.exe dan di simpan di hidden partisi FAT32

6. Hasil dari langkah diatas adalah :

· Partisi aktif yang terinstall windows dan semua aplikasi plus driver yg di perlukan

· Partisi hidden yang berisi ghost image bernama xp.gho dari partisi aktif win xp, boot win 98 dan ghost.exe

· Partisi data untuk menyimpan data (optional)

7. Aktifkan hidden partition dengan menggunakan pqboot dari pq magic sehingga kini kita boot pada win 98 (karena win xp ntfs terhidden), edit file autoexec.bat pada c: kemudian tambahkan baris perintah berikut : ghost.exe -clone,mode=pload,src=1:2\xp.gho:1,dst=1:1 dan simpan.

8. Install IBM boot manager, kemudian Hide kembali partisi fat32 sehingga yang default di loading adalah partisi yang berisi windows xp ,lalu reboot , maka akan terlihat tampilan " to start IBM Recovery Service , Press F11" . catatan: boot manager dari IBM hanya berfungsi jika hidden partisi fat32 diberi label IBM_SERVICE jika tidak akan muncul pesan error.

9. Selesai sudah membuat hardisk based recovery dengan boot manager IBM, cobalah dulu menekan F11 apakah hasilnya sudah berjalan dengan baik sebelum di duplikat ke beberapa hardisk cpu dengan spek yang sama.

file download :
ibm boot manager : http://www-307.ibm.com/pc/support/site.wss/document.do?lndocid=MIGR-4QER6R

2 komentar:

  1. tuk dapat kan software ny kt download sndri tau gmn bos

    BalasHapus
  2. wah ini yg ane cari2 nih, utk win 98 boot, itu gmana ya bos ? cz lom coba pake win 98 ? itu pake cd win 98 apa gmana ya ?

    BalasHapus